PROLOG KURSUS MEMBATIK

Omah Dhuwur Gallery membuka kelas kursus membatik , Tidak seperti pada kursus membatik lainnya, kami memiliki kelas kursus yang bervariasi, dengan materi dan waktu yang dapat disesuaikan dengan permintaan klien. Tiap peserta dapat memilih sendiri media pembatikan yang di inginkan, seperti menggunakan kain, kertas dan kayu. Tidak hanya melihat saja, namun Anda turut serta mempraktekkan apa yang diajarkan, langkah demi langkah dan hasil akhirnya dapat anda bawa pulang.

Pengajar kami adalah mereka yang sudah benar-benar ahli di bidangnya, selain sebagai pembatik profesional, mereka juga sudah terlatih untuk mengajar di sekolah-sekolah dan lembaga-lembaga lainnya. Para instruktur kami juga telah terbiasa menangani dan mendidik batik kepada para penyandang cacat, yang mana dibutuhkan kesabaran dan dedikasi yang luar biasa. Untuk mengetahui program-program charity dan kontribusi Java connection kepada golongan masyarakat yang biasanya tersisihkan ini, bisa anda lihat dan baca di ‘Java Connection’ section.

Materi kursus mulai dari teknik membuat pola, teknik membatik menggunakan berbagai macam canting, pengetahuan tentang pewarnaan (warna kimia dan alam), proses mencelup, pewarnaan menggunakan kuas, hingga finishing (tergantung dari lama kursus, 1 sampai 3 jam atau yang sehari penuh).

Media yang digunakan juga bisa/ bermacam-macam, kain katun putihan, kain sutra, kertas (bisa diatas layang-layang) dan kayu.

Media alat pembatikan adalah menggunakan canting, yang kebanyakan orang tau canting itu hanya satu, canting itu kenyataannya ada 7 macam canting dengan fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda (akan diajarkan dengan kursus yang 3 jam dan 1 hari). Juga cara menggunakan bermacam-macam kuas untuk sistim colet pada kain untuk mendapatkan warna warna yang lebih banyak.

Kursus yang kita berikan adalah batik full tulis yang meliputi proses menggambar motif, melilin, mewarnai, melorot lilin dan pengeringan/penjemuran. Dengan kata lain, mengubah kain putih (atau media yang lain) yang polos tanpa motif dan corak menjadi kain batik yang penuh dengan motif nan cantik.

1. Untuk membatik dengan media kain katun atau kain sutra, dari ukuran sapu tangan (50 x 50cm), syal kecil sampai dengan full selendang besar dapat kami tawarkan. Ini akan menyesuaikan dengan waktu kursus yang sudah di design oleh Java Connection.

2. Untuk membatik pada kertas, kita aplikasikan pada membuat layang-layang, sesuatu yang mudah dan cepat, kursus ini lebih ditujukan untuk anak-anak. Dengan permintaan, kami dapat mengajarkan model layang-layang yang lebih rumit dan setelah itu akan dibatik (untuk kursus 3 jam dan 1 hari). Proses pewarnaan dapat langsung dilukis atau dengan dibatik dengan menyesuaikan bahan materi yang yang dipakai. Misal dengan kertas tipis layang-layang yang sesungguhnya, proses pewarnaan mungkin harus minimal agar kertas tidak robek, atau tidak diwarnapun sudah indah, dengan bentuk cantingan malam yang masih asli.

3. Batik kayu dapat diaplikasikan untuk membuat topeng, seperti pada media kain dan kertas, motif dapat menggunakan motif traditional Jawa, seperti parang rusak, parang barong, kawung, garuda, sidomukti, sidorahayu dan puluhan motif lain, juga dengan motif kontemporer atau sesuai dengan kehendak perserta kursus.

Gambar:

Java_Connection